Hello-hello,,,,
Para member-member yang unyu-unyu, kali ini saya akan mencoba memberi penjelasan sedikit mengenai materi yang telah diberikan oleh Mr. Wiedhodho, yaitu Algoritma dan Flowchart.
Mungkin penjelasan saya ini belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pengetahuan follower yang begitu luasnya,,,, :)
Baiklah, untuk menghemat kata-kata :) saya akan memberikan deskripsi yang awalnya disampaikan oleh Mr. Wiedhodho....
* Pada suatu kasus, dimana ada dua buah gelas, Gelas A berisi cairan berwarna biru dan Gelas B berisi cairan berwarna merah. Identifikasi awalnya kita dihadapkan pada sebuah problem dimana kita harus dapat menemukan formula bagaimana agar kita dapat memindahkan cairan dari Gelas A ke dalam Gelas B begitu sebaliknya tanpa harus mengubah isi cairan. Dari sini,penalaran diperlukan untuk menghasilkan formula yang tepat untuk memecahkan masalah.
Sebenarnya ini merupakan hal yang mudah. Kita dapat memindahkannya dengan cara sebagai berikut.
* Pertama-tama, ambil sebuah gelas. Beri label C.
* Kemudian, tuang cairan dalam Gelas A ke dalam Gelas C.
* Setelah itu, tuang cairan Gelas B ke dalam Gelas A, dan kembalikan cairan dalam gelas C ke Gelas B.
Ini merupakan contoh penerapan logaritma dalam memecahkan suatu masalah. Dan flowchart lah yang akan digunakan untuk menggambarkan prosesnya. Jadi, Dari deskripsi di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Algoritma merupakan cara/formula yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah dan proses formula itu dituangkan ke dalam diagram alir (flowchart).........
Ceman-ceman, pengunjung blog saya yang unyu ini adalah pengetahuan yang saya ketaui mengenai algoritma dan flowchart. Karena saya hanya mengerti sedikit saja, saya telah menyiapkan sebuah rangkuman dari pencarian-pencarian bersama "Mbah Google" untuk membantu Teman-teman dan pengunjung untuk memahami lebih dalam lagi mengenai algoritma dan Flowchart ini. Baiklah, Selamat membaca dan mohon maaf jika saya tidak dapat memaparkan materi ini lebih jelasnya. See you...... :)
Algoritma
· Etimologi

Sebuah algoritma adalah satu set instruksi khusus untuk melaksanakan prosedur atau pemecahan masalah, biasanya dengan persyaratan bahwa prosedur berakhir pada beberapa titik. Algoritma tertentu kadang-kadang juga dikenal dengan nama metode , prosedur , teknik ataupun formula.
Pada dasarnya algoritma adalah sebuah contoh dari logika ditulis dalam perangkat lunak oleh pengembang perangkat lunak menjadi efektif untuk komputer dimaksudkan "target" (s), dalam rangka untuk mesin target untuk menghasilkan output dari input yang diberikan (mungkin nol).
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma biasanya berarti prosedur kecil yang memecahkan masalah yang berulang. Ada pula yang menyebutkan bahwa algoritma adalah sebuah metode yang efektif dinyatakan sebagai terbatas daftar didefinisikan dengan baik instruksi untuk menghitung fungsi . Algoritma yang digunakan untuk perhitungan , pengolahan data , dan penalaran otomatis . Dengan kata yang sederhana algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk perhitungan.
Konsep algoritma juga digunakan untuk menentukan gagasan decidability, yaitu pusat untuk menjelaskan bagaimana sistem formal terwujud mulai dari satu set kecil aksioma dan aturan. Algoritma dapat dianggap setiap urutan operasi yang dapat disimulasikan oleh Turing-lengkap sistem. Penulis yang menyatakan tesis ini termasuk Minsky (1967), Savage (1987) dan Gurevich (2000).
Algoritma dapat dinyatakan dalam berbagai macam notasi, termasuk bahasa-bahasa alamiah , pseudocode , flowchart , bahasa pemrograman atau tabel kontrol (diproses oleh interpreter ). Pseudocode, flowchart dan tabel kontrol terstruktur cara untuk mengekspresikan algoritma yang menghindari banyak ambiguitas pernyataan umum dalam bahasa alami. Bahasa pemrograman yang terutama ditujukan untuk mengekspresikan algoritma dalam bentuk yang dapat dieksekusi oleh komputer, tetapi sering digunakan sebagai cara untuk mendefinisikan atau dokumen algoritma.
Salah satu algoritma paling sederhana adalah untuk menemukan jumlah terbesar dalam sebuah daftar (disortir) nomor. Solusinya tentu membutuhkan mencari di setiap nomor dalam daftar, tetapi hanya sekali pada masing-masing. Dari ini mengikuti algoritma sederhana, yang dapat dinyatakan dalam sebuah prosa deskripsi tingkat tinggi bahasa Inggris, sebagai:
Tingkat tinggi description:
· Asumsikan item pertama adalah terbesar.
· Lihatlah setiap item yang tersisa dalam daftar dan jika lebih besar dari item terbesar sejauh ini, buatlah catatan tentang itu.
· Item terakhir adalah mencatat terbesar di daftar ketika proses selesai.
Analisis algorithmic : penting untuk mengetahui berapa banyak sumber daya tertentu (seperti waktu atau penyimpanan) secara teoritis diperlukan untuk algoritma tertentu. Para analisis dan studi algoritma adalah disiplin ilmu komputer , dan sering dipraktekkan abstrak tanpa menggunakan bahasa tertentu pemrograman atau implementasi. Analisis algoritma menyerupai disiplin matematika lain yang berfokus pada sifat yang mendasari algoritma dan bukan pada spesifik dari setiap implementasi tertentu. Biasanya pseudocode digunakan untuk analisis karena merupakan representasi paling sederhana dan paling umum.
Klasifikasi Algoritma
· Dengan implementasi
1) Rekursi atau iterasi :
2) Logis
3) Serial atau paralel atau terdistribusi
4) Deterministik atau non-deterministik
5) Tepat atau perkiraan
6) Quantum algoritma
· Dengan paradigma desain
· Membagi dan menaklukkan
· Metode serakah
· Pemrograman linear.
· Cari dan pencacahan.
· Dengan bidang studi
Lihat juga: Daftar algoritma
Setiap bidang ilmu memiliki masalah sendiri dan kebutuhan algoritma yang efisien. Masalah yang berkaitan dalam satu bidang sering dipelajari bersama. Beberapa kelas contoh adalah algoritma pencarian, algoritma pengurutan , algoritma merge, algoritma numerik, grafik algoritma, algoritma String, algoritma geometrik komputasi, algoritma kombinatorial, algoritma medis, pembelajaran mesin, kriptografi, kompresi data algoritma dan teknik parsing.
· Dengan kompleksitas
Algoritma dapat diklasifikasikan oleh jumlah waktu yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan dibandingkan dengan ukuran masukan mereka. Ada berbagai macam: beberapa algoritma selesai dalam waktu linier relatif terhadap ukuran input, beberapa melakukannya dalam jumlah eksponensial waktu atau bahkan lebih buruk, dan beberapa tidak pernah berhenti.
**********
Flowchart
Flowchart adalah jenis diagram yang mewakili suatu algoritma atau proses , menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan pesanan mereka dengan menghubungkan ini dengan anak panah. Diagram representasi ini dapat memberikan solusi langkah-demi-langkah untuk diberikan masalah.
Data tidak mengalir biasanya direpresentasikan dalam flowchart, berbeda dengan diagram aliran data , melainkan, mereka tersirat oleh urutan operasi. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola proses kompleks atau program di berbagai bidang. Flowchart membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu anda untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kelemahan, kemacetan, dan lain yang kurang-jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan.
Dua jenis yang paling umum dari kotak dalam flowchart adalah:
- langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
- keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.
Nama alternatif umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, diagram proses, diagram proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram alir bisnis.
Sejarah Flowchart
Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, "bagan aliran proses", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Grafik-Langkah Pertama di Menemukan Satu Cara Terbaik ". Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke teknik industri kurikulum. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri pada Pertemuan Kerja Penyederhanaan di Lake Placid , New York .
Lulusan 1944 dari kelas Mogensen yang, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Ubah Metode. Lain lulusan 1944, Ben S. Graham , Direktur Teknik Formcraft di Standard Register Corporation, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan pengembangan tentang bagan proses multi-aliran untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. Pada tahun 1947, ASME mengadopsi serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Grafik Proses.
Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. Akun kontemporer Nya didukung oleh insinyur IBM dan oleh ingatan pribadi Goldstine itu. Pemrograman yang asli aliran grafik dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan yang tidak diterbitkan mereka, "Perencanaan dan pengkodean masalah untuk instrumen komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam karya-karya von Neumann's dikumpulkan.
Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. Teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap ekstensi dari flowchart tersebut. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika interaktif terminal komputer dan generasi ketiga bahasa pemrograman menjadi alat umum dari perdagangan, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas dan readably sebagai kode sumber dalam suatu bahasa , dan juga karena algoritma merancang menggunakan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk GOTOs untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu.
Data Aliran Ekstensi
Sejumlah simbol telah distandarkan untuk diagram aliran data untuk merepresentasikan aliran data, bukan aliran kontrol. Simbol ini juga dapat digunakan dalam grafik kontrol aliran (misalnya untuk menggantikan simbol jajaran genjang).
- Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
- Sebuah input manual diwakili oleh segiempat , dengan bagian atas yang miring tidak teratur naik dari kiri ke kanan. Sebuah contoh akan untuk menandakan entri data dari formulir;
- Sebuah Manual operasi diwakili oleh suatu trapesium dengan sisi paralel terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian proses yang hanya dapat dibuat secara manual.
- Sebuah Data File diwakili oleh silinder.
Jenis-jenis Flowchart
Sterneckert (2003) menyarankan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, analis sistem dan panitera) dan bahwa ada empat jenis umum:
- Dokumen flowchart, yang menunjukkan kontrol atas aliran-dokumen melalui sistem
- Diagram alur data yang, menunjukkan kontrol atas aliran data dalam suatu sistem
- Sistem flowchart menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya
- Program flowchart, yang menunjukkan kontrol dalam program dalam sebuah sistem
@ Perhatikan bahwa setiap jenis flowchart berfokus pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri.
· Mulai dan akhiri simbol
Direpresentasikan sebagai lingkaran, oval atau persegi panjang bulat, biasanya yang berisi kata "Start" atau "End", atau frasa lain sinyal awal atau akhir dari sebuah proses, seperti "submit penyelidikan" atau "menerima produk".
· Panah
Menampilkan " aliran kontrol ". Panah datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain yang mengontrol mewakili lolos ke simbol panah menunjuk ke.
· Generik langkah-langkah pengolahan
Direpresentasikan sebagai persegi panjang . Contoh: "Tambahkan 1 ke X"; "mengganti bagian diidentifikasi"; "menyimpan perubahan" atau mirip.
· Subrutin
Direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan ganda-memukul sisi vertikal; ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah pengolahan yang kompleks yang dapat rinci dalam diagram alur terpisah.
· Input / Output
· Siapkan bersyarat
Direpresentasikan sebagai segi enam. Menunjukkan operasi yang tidak memiliki efek selain mempersiapkan nilai untuk langkah bersyarat atau keputusan selanjutnya (lihat di bawah).
· Bersyarat atau keputusan
Direpresentasikan sebagai belah ketupat. Menunjukkan di mana keputusan yang diperlukan, umumnya suatu Ya / Tidak ada pertanyaan atau tes Benar / Salah.
· Persimpangan simbol
Umumnya diwakili dengan gumpalan hitam, menunjukkan di mana arus kontrol beberapa berkumpul di aliran keluar tunggal. Sebuah simbol persimpangan akan memiliki lebih dari satu panah datang ke dalamnya, tetapi hanya satu akan keluar.
· Konektor berlabel
Diwakili oleh sebuah label mengidentifikasi di dalam lingkaran. Konektor berlabel digunakan dalam diagram kompleks atau multi-lembar untuk pengganti panah.
· Concurrency simbol
Diwakili oleh garis melintang ganda dengan sejumlah panah masuk dan keluar. Digunakan bila dua atau lebih aliran kontrol harus beroperasi secara bersamaan.
Searched by Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar